Connect with us

News

PJ. GUBERNUR SADALI IE LEPAS KONTINGEN MALUKU MENUJU UTSAWA DHARMA GITA NASIONAL XV TAHUN 2024

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si, IPU, secara resmi melepas kontingen Provinsi Maluku untuk mengikuti Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Nasional ke XV, di Aula Lantai VII Kantor Gubernur, Jumat (5/7/2024).

Tahun ini merupakan keikutsertaan ke-15 kali Provinsi Maluku dalam mengikuti UDG Nasional, yaitu festival atau lomba nyanyian suci agama Hindu yang digelar di Surakarta pada tanggal 8-12 Juli 2024 mendatang.

Kehadiran kontingen turut didampingi, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Maluku, Suyanto, Ketua Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Provinsi Maluku, I Wayan Agus Suhardiyanto.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Asisten dan Staf Ahli Gubernur Maluku beserta sejumlah Pimpinwn OPD Lingkup Pemprov Maluku, Kepala Kanwil Agama Provinsi Maluku, H. Yamin dan jajaran, , Ketua Lembaga Hindu se-Provinsi Maluku, Tokoh Agama Hindu dan official kontingen UDG.

Dalam laporannya, Ketua Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Provinsi Maluku, Gede Wiratama Jaya menyebutkan, sejumlah 35 orang peserta akan mengikuti UDG tingkat nasional tersebut.

“35 orang peserta akan mengikuti 8 cabang lomba, yang terdiri dari pembacaan Sloka, Palawkya, Kakawin, Dharmawacana Bahasa Indonesia, Dharmawacana Bahasa Inggris, Debat Keagamaan, Nyanyian Lagu Keagamaan, dan menghafal Sloka, “jelasnya.

Di tempat yang sama, Pj. Gubernur Maluku menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, mengucapkan selamat dan menyambut gembira keikutsertaan kontingen Maluku dalam lomba Utsawa Dharma Gita tingkat nasional ke-15 Tahun 2024.

Dikatakan, momen keagamaan ini dapat menumbuhkan dan menggali serta mengembangkan bakat kreativitas masyarakat lewat bentuk nyanyian keagamaan dalam meningkatkan pengamalan ajaran agama Hindu di seluruh Indonesia.

“Hakekat kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran kitab suci Veda beserta Susastra Hindu dalam upaya memperkokoh karakter bangsa, menguatnya sikap moderasi guna meningkatkan kerukunan umat beragama, dalam mendukung pembangunan literasi bangsa, “ungkapnya.

Pj. Gubernur berharap, apa yang telah di peroleh selama pelatihan, hendaknya dapat digunakan, dan dimanfaatkan pada pelaksanaan UDG tingkat nasional nanti.

“Selamat bertanding, tetap sportif serta menjaga nama baik Maluku serta persatuan dan kesatuan, semoga bisa meraih juara. Saudara – saudara harus tetap memperhatikan kesehatan, beristirahat yang cukup, dan jangan pernah lupa untuk berdoa kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, niscaya kita akan mendapatkan yang terbaik, “kata Pj. Gubernur mengingatkan.

Tak lupa ucapan terimakasih disampaikan PJ. Gubernur kepada Lembaga Pengembangan Dharma Gita dan Guru Pasraman, official dan panitia UDG yang sudah membina dan membantu para peserta dalam mempersiapkan diri menuju kegiatan bergensi ini. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku