Connect with us

News

SEKDA SABIRIN SAMPAIKAN AMANAH MENKOP DI HUT KOPERASI NASIONAL KE-77, BERHARAP SEMAKIN BANYAK UMKM NAIK KELAS

Published

on

AMBON- Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Koperasi Nasional ke-77 Tahun 2024, dibawah sorotan Tema “Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil”, di Lapangan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, Jumat (12/7/2024).

Bertindak selaku Pembina Upacara Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Maluku, Suryadi Sabirin dan Komandan Upacara Kapten Ckm. Bambang Subekti.

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki dalam sambutannya yang disampaikan Plh. Sekda Sabirin menjelaskan bahwa Tema yang diambil ini untuk meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan Indonesia Emas 2045.

Dikatakan, beberapa tahun terakhir bangsa-bangsa di dunia menghadapi himpitan krisis yang tidak mudah, mulai dari krisis ekonomi, krisis pangan, krisis energi, krisis iklim dan bahkan krisis geopolitik, yang puncaknya menambah ketidakpastian dalam segala sendi kehidupan,” ungkapnya.

Tantangan ini sangat dirasakan dampaknya di tanah air, seperti gejolak harga pangan dan ketidakpastian masa depan.
“Ketidakpastian hanya mungkin bisa dijawab dengan prinsip hati-hati, diagnosa yang benar, dengan formula obat yang tepat dengan aksi yang cepat dan yang paling mendasar adalah dengan kebersamaan yang kuat, pembelajaran inilah yang kita pakai dalam melewati krisis pandemi covid-19,”ujarnya.

Untuk itu di peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 kali ini, Menkop Masduki meminta, Koperasi merefleksikan peran koperasi di Tanah Air, agar kedepan semakin strategis dalam menjawab tantangan krisis dan ketidakpastian tersebut, khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan.

“Pendapatan rakyat kita baru berkisar USD 4.919 Tahun 2023, untuk menjadi negara maju di 2045 nanti, pendapatan per kapita ini harus bisa naik setidaknya lima kali lipat,” harapnya

Disinilah, kata Menkop Masduki, peran koperasi menjadi sangat penting guna melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh dari usaha mikro ke usaha kecil, dari usaha kecil ke menengah, dan terhubung dalam rantai pasok industri nasional.

“Kita perlu mengakselerasi pelaku usaha mikro dan kecil dengan inovasi dan teknologi agar menghasilkan produk berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi, dan mengakselerasikan para pelaku usaha mikro dan kecil agar terjalin kemitraan rantai pasok,”imbaunya.
Menkop menilai, saat ini kita membutuhkan lebih banyak lagi koperasi-koperasi yang menyediakan inovasi dan teknologi sehingga menjadi ekosistem usaha yang lebih menjanjikan bagi anak-anak muda untuk berkiprah.

“Saya berharap semangat berkoperasi itu terus kita tularkan kepada generasi muda, mari manfaatkan kehadiran koperasi multipihak sebagai terobosan untuk menarik minat dan bakat anak-anak muda, agar Indonesia yang terbukti unggul,” imbaunya.
Menkop berharap, kedepan munculnya pelaku usaha mikro kecil yang berkoperasi, yang memberikan solusi terhadap akses pelaku UMKM dalam inovasi teknologi, kemitraan, pasar dan bahkan terhadap permodalan, maka semakin banyak dan cepat UMKM di Tanah Air untuk naik kelas.

Upacara ini di ikuti juga oleh Plt. Asisten II Sekda Maluku, unsur TNI, Pimpinan OPD terkait Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, serta para anggota koperasi. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku