Connect with us

News

LANTIK PENGURUS YAKARIMA MOSILOU, GUBERNUR MINTA JAGA DAN RAWAT KERUKUNAN ORANG BASUDARA

Published

on

AMBON- Penjabat (Pj) Gubenur Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si, IPU, melantik Pengurus Yakarima Mosilou Provinsi Maluku periode 2024-2029, bertempat di halaman Kantor Pemerintah Negeri Hutumuri, Selasa (16/7/2024).
Pelantikan ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Penjabat Gubernur Maluku, Ketua Umum yang dilantik yakni Frans Bernand Kapuw, S.P, serta disaksikan oleh Raja Negeri Tamilouw, Raja Negeri Hutumuri, dan Raja Negeri Siri Sori.
Setelah prosesi pelantikan, acara dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus oleh sesepuh di Baileo Negeri Hutumuri. Saat prosesi pengukuhan, Pj. Gubernur diberi kesempatan mengikat kain berang merah di pinggang Ketum Bernand Kapuw.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sadali Ie mengatakan, sebagaimana paguyuban atau organisasi sosial kemasyarakatan lainnya yang ada di daerah ini, eksistensi Yakarima Mosilou juga merupakan modal sosial dalam pembangunan daerah ini.

“Mengutip pesan leluhur orang Maluku, “Potong di Kuku Rasa di Daging dan Sagu Salempeng di Pata Dua”, Penjabat Gubernur berharap, agar filosofi dari pesan moral yang telah menjadi kearifan lokal orang Maluku dapat dipegang teguh oleh basudara semua. Jaga persatuan, kesatuan, kekeluargaan dan solidaritas sebagai sesama anak Maluku, “imbaunya.

Ia juga mengajak seluruh pengurus Yakarima Mosilou maupun seluruh masyarakat Maluku, agar senantiasa menjaga dan merawat kerukunan orang basudara yang hakiki, dalam semangat pela gandung, sebagai warga Maluku yang baik.

Sadali merasa yakin, jika warga Yakarima Mosilou Maluku (Negeri Tamilouw, Hutumuri dan Siri Sori) akan menjadi contoh paguyuban yang bisa bersahabat dan berkolaborasi dengan suku dan etnis lain, yang menginginkan hidup aman dan kondusif.

“Saya minta agar pengurus terus menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan komunitas maupun paguyuban lainnya di daerah ini, sehingga hubungan baik dengan komunitas etnis lain bisa terpelihara, tumbuh dan berkembang dengan baik, ” pinta Pj. Gubernur.

Acara pelantikan dihadiri Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta, Plt. Karo Administrasi Pimpinan Setda Maluku, Faizal Ahmad, Kadis Pendidikan Maluku, Insun Sangadji, tokoh adat/masyarakat Negeri Hutumuri/Tamilouw/Siri Sori dan stakeholder lainnya.
(BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku