Connect with us

News

JAGA KESTABILAN HARGA, PJ GUBERNUR MALUKU LAUNCHING PASAR INFLASI

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie secara langsung melaunching Pasar Inflasi Provinsi Maluku, Kamis (18/7/2024, bertempat di dua Lokasi yakni Pasar Mardika dan Pasar Batu Merah, Ambon.
Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sadali Ie mengatakan, pasar tersebut diluncurkan dalam rangka mengendalikan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat, sehingga bisa mendorong upaya pengendalian inflasi Maluku, yang dalam tiga bulan terakhir berada pada posisi 3,63% (year-on-year).


“Kita berharap angka inflasi bisa menurun, sehingga butuh partisipasi semua pihak yang turut berkontribusi, dalam rangka pengendalian inflasi. Jika inflasi terkendali, maka daya beli masyarakat mantap dan tentunya akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Begitu pun sebaliknya. Tetapi untuk saat ini meski inflasi naik, namun Pertumbuhan Ekonomi kita masih di atas Nasional,” ungkapnya.
Atas partisipasi ini, Pj Gubernur mengucapkan terimakasih kepada, pihak perbankan, keuangan, OJK, distributor, serta insan pers yang terus mempublikasi informasi terkait pasar inflasi ini untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
“Diharapkan dengan adanya pasar inflasi yang akan berlangsung sampai 1 Agustus 2024 ini, akan membuat kita masuk pada inflasi yang terkendali,”harapnya.
Lebih lanjut, Pj Gubernur Sadali menjelaskan, pasar inflasi ini dilakukan agar menjaga kestabilan harga, sehingga masyarakat bisa membeli dengan harga terjangkau.
“Kita tetap menjalankan 4 strategi yakni, ketersediaan bahan pokok, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi yang intens,” ujarnya.
Dirinya berharap, dengan diresmikan pasar inflasi di Kota Ambon, bisa menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota lain di Provinsi Maluku.
“Kedepan, kita akan mendesain pasar inflasi dengan kontainer yang bisa mobile, sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam mewujudkan pasar inflasi ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat kita semua,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara launching, unsur Forkopimda Maluku, Plh. Sekda Maluku serta Pimpinan OPD Pemprov Maluku, Kepala Perwakilan BI Maluku, para pimpinan Perbankan, Ketua TGPP Maluku, Kepala Bulog Maluku, Perwakilan BPS Maluku, TPID Maluku dan stake holder lainnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku