Connect with us

News

PJ. GUBERNUR SADALI HADIRI RAKOR LINTAS SEKTORAL OPERASI MANTAP PRAJA SALAWAKU 2024

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie, menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 untuk pengamanan Pilkada 2024. Kegiatan ini berlangsung di lantai V Gedung Mapolda Maluku, Kamis, (25/7/2024).

Rakor turut dihadiri Forkopimda Maluku diantaranya, Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Lotharia Latif, Danlantamal XI Ambon, Said Latuconsina, petinggi di jajaran TNI/Polri, Ketua KPU Maluku, M. Shaddek Fuad, Ketua Bawaslu Maluku, Subair, Kepala Kesbangpol Maluku, Daniel Indey, Kadis Perhubungan Maluku, Mohammad Malawat, Plt Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Maluku, Faisal Ahmad serta serta perwakilan dari berbagai instansi terkait.

Pelaksanaan rakor dalam rangka sinergitas pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024, guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, aman, damai dan sejahtera di Maluku.

Pj. Gubernur dalam sambutannya menyampaikan, Pemda, TNI/Polri, KPU dan Bawaslu perlu bersinergi terutama di sektor keamanan dan ketertiban agar pemilukada berjalan aman dan lancar.

“Hal ini sejalan dengan indikator keberhasilan pilkada serentak tahun 2024 yaitu Pilkada berlangsung aman dan lancar sesuai aturan, partisipasi pemilih yang tinggi, tidak terjadi konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa terutama konflik kekerasan, dan pemerintahan yang ada tetap berjalan lancar sesuai peraturan perundangan,” jelasnya.

Dijelaskan, pemerintah daerah telah mengalokasikan dana kepada KPU Maluku yang sudah dicairkan 100 persen dan Bawaslu Maluku sebesar 76,34 persen. Sementara itu, untuk kekurangannya, akan dicairkan paling lambat awal Agustus 2024.

Begitu juga untuk dana pengamanan pilkada kepada TNI/Polri, Pj. Gubernur mengatakan, dalam proses administrasi, dan akan dicairkan paling lambat awal Agustus 2024.

“Selain itu, Pemerintah Provinsi Maluku juga telah menyiapkan moda transportasi guna mendukung kelancaran dan keamanan logistik ke setiap kabupaten/kota, “ujarnya.

Pj. Gubernur menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2024, dengan menjaga keamanan dan ketertiban di masing-masing lingkungan.

“Boleh berbeda tetapi tidak boleh terpecah belah. Jangan mudah terpengaruh dengan berita hoax, isu SARA dan kebencian. Terutama kepada seluruh ASN, TNI/Polri, kita sebagai contoh, mari kita jaga netralitas serta bekerja dengan profesional dan etos kerja tinggi,” pungkasnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku