Connect with us

News

500 MAHASISWA IKUTI KKN KEBANGSAAN DI MALUKU, INI PESAN PJ GUBERNUR SADALI IE

Published

on

AMBON- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan Ke-XII di Provinsi Maluku resmi dimulai, Jumat 26 Juli 2024 dan akan berlangsung hingga 24 Agustus 2024 yang diikuti 500 peserta.

Acara pembukaan ini dirangkaikan dengan Pencanangan Zona Integritas Universitas Pattimura oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbud RI, Abdul Haris, di Gedung Islamic Center, Jumat (26/7/2024)

Dalam acara tersebut, hadir Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie, Forkopimda Provinsi Maluku, Rektor Universitas Pattimura beserta jajarannya, Kepala LLDIKTI Wilayah XII, dan Rektor Universitas Negeri dan Swasta se-Indonesia.

Pembukaan KKN Kebangsaan ini, berlangsung di gedung Islamic Center, dirangkaikan dengan Pencanganan Zona Integritas Universitas Pattimura yang dilakukan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemdikbud RI, Abdul Haris.

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada pimpinan dan jajaran Unpatti, yang terus konsisten menjalankan program KKN di Maluku.

“Kami yakin program ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, dan mahasiswa peserta KKN,” ujarnya.

Dikatakan, KKN kebangsaan merupakan salah satu program pendidikan yang wajib diikuti oleh mahasiswa di Indonesia, dimana program ini bertujuan selain untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam penerapan ilmu pengetahuan dan keahlian, juga untuk meningkatkan persaudaran nusantara, sekaligus sebagai wadah bertukar ilmu pengetahuan antar sesama yang diaplikasikan secara langsung nanti di lapangan.

Sehubungan dengan pelaksanaan KKN yang akan dimulai hari ini, PJ Gubernur menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa, untuk menjadi duta bangsa yang berkarakter.

“Tunjukan bahwa kalian adalah mahasiswa yang cerdas, kreatif dan memiliki semangat juang yang tinggi, junjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam setiap tindakan kalian,” ingatnya.

Ia juga berharap peserta KKN Kebangsaan untuk berbaur dengan masyarakat, menjadi bagian dari mereka, mendengarkan aspirasi mereka, memahami kebutuhan mereka dan membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Jadilah agen perubahan, ciptakan program inovatif dan kreatif yang dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup mereka, serta jagalah nama baik almamater, hindarilah perbuatan yang dapat mencoreng martabat sebagai insan intelektual,” imbaunya.

Pj, Gubernur pun berharap KKN kebangsaan ini dapat menambah wacana dan literasi, yang dibutuhkan untuk pengembangan pemikiran mahasiswa.

“Karena semakin banyak kalian merekam kejadian yang terjadi, maka semakin banyak pengalaman dan referensi untuk karir kalian semua,” pungkasnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku