Connect with us

News

PROVINSI MALUKU RAIH JUARA UMUM ANUGERAH PESONA INDONESIA 2023

Published

on

AMBON-Provinsi Maluku berhasil meraih juara umum pada  malam puncak acara Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-8 Tahun 2023, dengan mendapatkan 10 kategori penghargaan  dari 18 kategori, yang berlangsung di Gedung Presisi Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Rabu (1/11/2023).

“Kepada para pemenang berbagai kategori, saya mengucapkan selamat dan terus menjadi yang terbaik dalam meningkatkan kualitas dan daya saing pariwisata,” ucap Gubernur Maluku Murad Ismail.

Kategori yang dimenangkan Maluku pada API Award 2023, yaitu, makanan tradisional, juara satu sukong latuhalat, Ambon, Promosi Pariwisata Digital, juara satu Ngurbloat Smart Tourism, Maluku Tenggara, kategori Brand Pariwisata, juara satu Spice Islands, Maluku.

Selanjutnya, kategori wisata olahraga dan petualangan, juara dua Namrinat Green Adventure, Buru Selatan, Wisata Air, juara dua Laha Muck Diving, Laha, Ambon, Ekowisata, juara satu mangrove sanleko, Kabupaten Buru. 

Dataran Tinggi Terbaik, juara satu Taman Meditasi Kutmokor, Maluku Barat Daya, Situs Sejarah, juara dua Situs Kapitan Joncker de Manipa, Destinasi Kreatif, juara tiga Kerambah Cinta Sawai, Maluku Tengah dan Kategori Surga Tersembunyi, juara dua Pantai Meatimiarang, MBD. 

Gubernur mengatakan, malam API ke-8 2023 memberikan penghargaan kepada dunia pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf) yang menjadi motor penggerak ekonomi di masyarakat daerah maupun nasional.

“Kegiatan malam ini merupakan momen penting bagi dunia pariwisata yang berdampak luas dan menjadikan informasi penting bagi wisatawan untuk mendukung berbagai tempat wisata di seluruh Indonesia termasuk Maluku,” ujarnya. 

Menurutnya, pariwisata kini telah berkembang menjadi gaya hidup dan memiliki dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.  

“Untuk itu saya berharap, kementerian dan lembaga terkait serta pihak swasta dapat mendorong peningkatan kualitas tempat wisata termasuk desa wisata, pelayanan wisata serta industri pariwisata dan Ekraf,” pungkasnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku