Connect with us

News

PERINGATI HARI ANAK KE-40, PJ GUBERNUR MINTA ANAK-ANAK MALUKU RAJIN BELAJAR UNTUK CAPAI CITA-CITA

Published

on

AMBON- Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) menggelar Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 Tingkat Provinsi Maluku, di Aula Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Rabu (31/7/2024). Peringatan Hari Anak di Maluku berlangsung meriah diwarnai dengan tampilan atraksi dan kreativitas anak-anak PAUD, SD, SMP, SMA dan remaja.

Turut hadir dalam acara tersebut, Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie didampingi isteri Ny. Nita Sadali, para Staf Ahli Gubernur, Asisten Sekretaris Daerah, Pimpinan OPD Lingkup Pemprov Maluku, Ketua Organisasi Wanita Provinsi Maluku, Forum Puspa dan Forum Anak Maluku.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Maluku meminta agar anak Maluku harus rajin belajar untuk mencapai cita-citanya.

“Anak-anak Provinsi Maluku adalah generasi penerus bangsa, kiranya dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan harus tumbuh sebagai anak yang sehat terutama rajin belajar, menuntut ilmu untuk mencapai cita-cita dan jadikanlah dirimu selalu maju kedepan, “pintanya.

Pj. Gubernur juga mengajak semua pihak untuk peduli terhadap anak mulai dari perbaikan gizi, tumbuh kembang anak termasuk kekerasan terhadap anak baik fisik, psikis yang akhir-akhir sangat ramai terjadi termasuk dampak buruk perkawinan usia dini.

Lebih lanjut dikatakan, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku yang berorientasi terhadap kebutuhan hak-hak anak.

Untuk itu, dirinya berharap Pimpinan OPD terkait untuk dapat membantu berbagai layanan yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak sesuai tugas dan kewenangan masing-masing, dengan cara melakukan pemenuhan hak anak yaitu pemberian identitas, pengasuhan yang layak, layanan kesehatan, jaminan sosial, dan pendidikan serta mendapat perlindungan khusus dengan cara mencegah dan menurunkan angka perkawinan anak, pekerja anak dan stunting termasuk anak yang dieksploitasi.

Peringatan Hari Anak tingkat Provinsi Maluku juga dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Manise periode 2023-2025.

PJ Gubernur berharap, kedepan Forum Puspa Manise bisa menjadi mitra Pemerintah Provinsi Maluku dalam rangka peningkatan kualitas perempuan dan anak diberbagai sektor pembangunan di Provinsi Maluku.

“Atas nama Pemerintah Provinsi, kami mengucapkan selamat kepada saudara-saudara, semoga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Kami mengajak pengurus Forum Puspa Manise terus berkontribusi dalam mewujudkan Provinsi Maluku Layak Anak (Provila) dan ramah perempuan, karena persoalan perempuan dan perlindungan anak perlu mendapat perhatian khusus sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi Maluku 2025-2045 adalah Maluku Maju, Inklusif dan Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Kepulauan, “ungkapnya.

Tahun ini Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Maluku mengangkat tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju dan sub tema “Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak dan Stunting“, memiliki makna sebagai bentuk kepedulian semua elemen bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia khususnya di Maluku agar dapat terus tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.

“Peringatan Hari Anak sekiranya menjadi momentum bagi semua pihak, baik pemerintah daerah, masyarakat, keluarga sama-sama, mari kita berbenah dalam rangka mewujudkan Provinsi Maluku Layak Anak (Provila) dan Indonesia Layak Anak (idola) tahun 2030 serta Indonesia Emas tahun 2045, “pungkasnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku