Connect with us

News

PJ GUBERNUR MALUKU HADIRI UPACARA PERINGATAN HUT KE-79 TNI

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie, bersama sejumlah pejabat tinggi daerah dan Forkopimda mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (5/10/2024).

Dalam upacara peringatan HUT ke-79 TNI di Lapangan Merdeka Ambon, Kasdam XV/Pattimura, Brigjen TNI Nefra Firdaus, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kehadiran Kasdam mewakili Pangdam XV/Pattimura, Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, yang berhalangan hadir karena tengah menjalankan tugas kehormatan sebagai Pengucap Sapta Marga dalam puncak peringatan HUT TNI yang digelar Markas Besar TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Sebagai Inspektur Upacara, Kasdam XV/Pattimura, Brigjen TNI Nefra Firdaus, mewakili Pangdam XV/Pattimura.

Selain Pj. Gubernur Maluku, upacara turut dihadiri Kapolda Maluku, Kajati Maluku, Danlantamal IX/Ambon, Kabinda Maluku, Kabakamla Zona Maritim Timur, Danrem 151/Binaiya, Kepala BNN Maluku, Danlanud Pattimura, PJU Kodam XV/Pattimura, Lantamal IX/Ambon dan Lanud Pattimura dan Polda, Para perwira, Bintara, Tamtama, tokoh masyarakat, tokoh agama serta Purnawiran TNI.

Kasdam yang saat itu menyampaikan Amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto mengatakan, peringatan HUT kali ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Tema tersebut merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif dalam menjaga dan mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah, bahwa prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggungjawab dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia maju, “ujarnya.

Panglima TNI berharap, setiap Prajurit dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi. “Sekecil apapun sikap dan tindakan primitif akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara professional, “tegasnya.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan rasa hormat dan apresiasi kepada seluruh Prajurit atas dedikasi dan integritas dalam menjalankan tugas, sehingga TNI sampai saat ini terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia. Namun, hal itu janganlah menjadikan kita lengah dan berbangga hati.

“Perkuat keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tingkatkan solidaritas antara TNI dan rakyat, perkuat profesionalisme dan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan global, “pesan Panglima TNI

Paglima TNI juga berpesan agar seluruh Prajurit TNI menjalin koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah dan instansi terkait untuk menyukseskan Pilkada yang aman dan tertib.
Laksanakan tugas dengan keikhlasan serta hindari segala bentuk pelanggaran, “pesan Panglima TNI.

Pada kesempatan itu, Panglima TNI juga menyampaikan, apresiasi kepada Presiden Joko Widodo, atas dedikasi dan kerja kerasnya selama 10 tahun memimpin Republik Indonesia.

Menurut Panglima TNI, selama masa kepemimpin, Presiden Jokowi telah banyak berkontribusi dan berjuang untuk kemajuan TNI. Berbagai prestasi dan pencapaian telah ditorehkan untuk memperkuat ketahanan dan keamanan negara.

“Kepemimpinan Bapak benar-benar menginspirasi prajurit-prajurit TNI untuk terus berkarya demi kejayaan bangsa. Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas segala upaya dan pengabdian selama ini. Semoga pengalaman dan pembelajaran yang beliau berikan, dapat terus menjadi teladan bagi generasi penerus kepemimpinan TNI. Kami dengan antusias menyambut Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih. Kami yakin pada masa kepemimpinan Beliau, TNI akan semakin kuat dan disegani, “pungkasnya.

Upacara tersebut juga dengan defile pasukan upacara dan alutsita, kolone senapan, beladiri prajurit pria dan wanita, pembebasan tawanan, hingga bazaar UMKM. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku