Connect with us

News

PJ GUBERNUR BUKA ORIENTASI ANGGOTA DPRD 4 KAB/KOTA DI MALUKU

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie, secara resmi membuka kegiatan Orientasi bagi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih dari Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru Selatan, dan Kota Ambon periode 2024-2029, bertempat di The Natsepa Resort, Rabu (9/10/2024).

Penjabat Gubernur Sadali dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan pemilihan umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah telah dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya hingga dilantik dan diambil sumpah/janji pada bulan September lalu di lokasi kabupaten/kota masing-masing. Terpilihnya para Anggota DPRD kabupaten/kota merupakan sebuah amanah untuk merealisasikan cita-cita bersama akan sebuah daerah yang lebih maju, sejahtera dan bermartabat.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, kami menyambut baik pelaksanaan kegiatan orientasi dalam rangka memberikan pemahaman kepada Anggota DPRD terkait tugas, wewenang, dan tanggung jawab sebagai bagian dari lembaga Legislatif di daerah ini, “ungkapnya.

Ia mengatakan, DPRD harus menjadi simbol dari cita-cita bangsa Indonesia yang ideal, yang hadir ditengah masyarakat guna menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai dengan sila ke- empat Pancasila, “Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/ Perwakilan” dimana ditangan para wakil raykat inilah amanat rakyat diemban.

“Untuk itu, kegiatan ini sangat penting guna membekali peserta terkait pengenalan tugas, wewenang, integritas dan moralitas anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah dan menjadi salah satu upaya meningkatkan daya guna para wakil rakyat dalam mengemban tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan menuju terwujudanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa, “ujarnya.
Ia juga menyampaikan, perkembangan zaman yang begitu pesat, politik yang berubah, dan generasi baru yang mulai tumbuh dan berkembang, menjadi tantangan untuk berkesuaian dengan tuntutan yang akan terjadi, sehingga harapannya dapat memperkuat fungsi dasar DPRD yakni legislasi, pengawasan dan anggaran yang harus berjalan seiring dan saling mendukung.

“Harapan kami kepada seluruh Anggota DPRD dapat menjadi simbol cita-cita bangsa yang dapat melahirkan produk legislasi yang relevan dengan kepentingan daerah. Karena itu, saudara-saudara diharapkan dapat mengikuti kegiatan orientasi ini dengan penuh semangat, sehingga terlahir para Anggota DPRD yang berkualitas untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kemajuan bangsa serta mewujudkan pemerintahan berkelas dunia, “pungkasnya (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku